Rabu, 29 Oktober 2014

School Activity - Championing Our Students



Di zaman modern sekarang ini,  siswa siswi usia sekolah perlu dibekali pendidikan karakter demi membangun ketahanan mental sebagai modal utama menyikapi pengaruh negatif arus globalisasi yang sangat lekat dengan kehidupan mereka. Sebagai salah satu nilai utama karakter bangsa, nasionalisme adalah sikap penting yang harus ditumbuhkembangkan semenjak usia dini. Semangat perjuangan dan nasionalisme dapat diteladani dari perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia yang telah gugur.  R.A Kartini adalah salah satu pahlawan wanita yang semangat perjuangannya sangat patut dijadikan teladan. Oleh karena itu, dengan memperingati Hari Kartini, siswa diajak untuk menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme dan menghayati semangat perjuangan sehingga berkontribusi pada pembangunan ketahanan mental mereka sebagai generasi penerus bangsa.
Sementara meninjau fungsi sekolah untuk mendidik siswa, bukan hanya to know, tetapi juga  to do, to be, to live together, kita masih perlu mengembangkan kecerdasan anak didik kita yang masih begitu luas untuk digali. Bukan hanya kecerdasan kognitif secara akademis, namun masih banyak sisi multiple intelligence yang perlu dikembangkan. Kecerdasan jamak tersebut seperti kecerdasan kinestetik (gerak), kecerdasan bermusik, kecerdasan berbahasa/ linguistik, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan matematika – logika, kecerdasan spasial, kecerdasan natural, dan kecerdasan spiritual. Beragam dimensi kecerdasan ini akan terfasilitasi melalui serangkaian kegiatan dan lomba pada peringatan Hari Kartini.
Peringatan Hari Kartini sendiri telah menjadi program tahunan yang dinantikan baik oleh siswa-siswi SD YPS Lawewu maupun SD YPS Singkole, karena pada saat tersebut, mereka dapat mengekspresikan dirinya melalui berbagai kegiatan dan lomba. Keseluruhan siswa SD YPS Lawewu telah berkesempatan mengikuti berbagai lomba dan kegiatan. Sekolah memfasilitasi, dan para guru memotivasi siswa untuk menjadi juara (championing), dan dalam prosesnya dengan menginspirasi siswa. Di bulan Oktober ini, kami pun akan melaksanakan kegiatan serupa untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dalam Bulan Bahasa 2014.
Pada akhirnya, dengan terasahnya berbagai dimensi kecerdasan siswa, semangat untuk berkompetisi, keterampilan hidup (life skill), dan kegembiraan untuk belajar melalui berbagai kegiatan dan lomba yang menyenangkan, diharapkan dapat bermuara pada pencapaian visi misi Sekolah Umum YPS untuk menumbuhkembangkan anak menjadi lulusan mandiri yang beriman, bermoral dan cerdas serta mampu menghadapi tantangan hidup.
Patriot Lawewu! Bangkit!  Maju! Menang! :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar